Minggu, 21 Desember 2008

Gunung Salak (Mount Salak)

Gunung Salak termasuk gunung yang paling dekat dengan rumah di Bogor. Tapi entah kenapa saya justru sangat jarang mendakinya. Baru sekali ke sana, ke Salak 2, melalui jalur Curug Nangka.
Setahu saya jalurnya memang cukup berat karena belum begitu tertata dengan baik. Saat melalui Jalur Nangka, rombongan saya sempat harus memanjat menggunakan tali, lalu meniti jalur sempit dengan jurang di bawahnya. Kami pun terpaksa harus menginap semalam di suatu lembah, membabat pohon agar bisa mendirikan tenda. Untungnya saat itu tidak hujan sehingga tidak terlalu menderita.
Esoknya kami senang karena bisa bertemu jalur resmi dan dalam sejam sudah sampai di puncak Salak 2. Untuk pulangnya, kami turun ke jalur Tapos. Lagi-lagi harus menerobos semak belukar. Patokannya hanya papan petunjuk dari seng yang dipaku ke pohon oleh tim yang pernah lewat jalur ini sebelumnya.
Waktu itu kami turun dan sampai di sebuah sungai kecil. Hujan pun turun lebat. Akhirnya kami putuskan memilih sebuah jalur kecil di seberang sungai. Dan akhirnya memang sampai di sebuah desa.
Perlu ekstra hati-hati dan kekompakan jika memang ingin mendaki gunung Salak.

Mount Salak located in Bogor so it's quite near my home. But this is one mountain that i almost never been there. I just climbed it once, to Salak 2 using Curug Nangka trail.
Salak has a rough terrain and its trail was never meant to be explored by unexperienced hiker. When hiking by Nangka trail, my team had to climbed a steep track using ropes. Then we had to walked carefully as deep ravine was below us. That night my team must put tent inside a deep valley surrounded by big trees. Fortunately a day later we found the right track and in one hour we reached the peak of Salak 2.
For hiking down, we chose to go by Tapos trail. Again we had to follow rough terrain full of bushes and trees. We had to rely on small markers which has been put at the trees by previous team.
Below we met a small river. Here we took rest but nor for long as the rain began falling. At that time we decided to follow a small trail next to the river, which later on brought us to a small village.
So you have to really prepared if want to hike Salak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar